Ini rencanaku untuk skp

Kalau ngomongin skp, yang pns semestinya tahu ni. Soalnya skp ne bisa dibilang pengganti dp3. Skp atau sering disingkat jadi sasaran kinerja pegawai untuku ini khusus jafung pustakawan.

Tahun kemarin draft skpku itu kira -kira mencapai 11 point pekerjaan. Satu diantaranya adalah pada pengembangan profesi. Gak tanggung-tanggung, aku tagetin nulis buku tentang kepustakawanan. Waduh, belakangan aku jadi mikir, apa yang harus kutulis ne. Jujur selama ini aku ngeblank.

Barusan tadi pagi, pas mau mandi terlintas ide untuk membuat buku kumpulan wawancaraku secara khusus ke perpustakaan lpnk dibawah kementerian riset, teknologi, dan pendidikan tinggi. Berhubung aku pustakawan lpnk dibawah kementerian itu, jadi sementara target perpustakaanya gak jauh dari itu juga.

Jadi konsepnya ngomongin manajemen perpustakaan dari banyak faktor misalnya sdm, pengembangan koleksi, proker, layout desain, pemustaka, dll. Buku kumpulan wawancara ini sifatnya semi formal gitu dalam artian wawancara dilakukan secara santai. Untuk bahasa aku gunain bahasa populer aja biar gak bosen dibaca.

Intinya sih nanti, buku yang kutulis ini berdasarkan fakta dilapangan. Yang paling utama adalah mendokumentasikan pengalaman-pengalaman menarik bagi pustakawannya ketika bekerja diperpustakaanya tersebut. Ini yang ingin aku gali karena menyangkut dengan tacit knowledge dari setiap pustakawan yang bekerja itu. Masa sih selama bekerja gak punya pengalaman yang bagus untuk dibagikan? Kan sayang.

Aku rencanakan konsepku ini harus secepatnya dibuat agar bisa terealisasikan. Untuk sementara semua akomodasi dan penerbitan buku rencananya tak tanggung sendiri biar gak ribet.

Tujuan utamanya sebenarnya bukan hanya karena skp demi angka kredit, tapi untuk mendokumentasikan sesuatu yang berharga dari otak-otak para pustakawan yang sayang apabila punya pengalaman, namun tidak terekam dalam teks yang terstruktur. Lagipula kalau masih disimpan dalam otak terus apa iya bermanfaat?

Pembatas jalan stasiun tanah abang bermanfaat juga

Teman-teman yang biasa naik krl (commuter line) ditanah abang pasti ada yang berbeda. Tepat dipintu keluarnya, sekarang dipasang pembatas Jalan. Bagus juga sih, bermanfaat. Pertama gak bikin macet karena penumpang keluar tidak berhamburan menutup jalan didepan. Adanya pembatas membuat penumpang akan berjalan lebih jauh kesamping baik kanan maupun kiri. Sehingga angkotpun tidak berhenti langsung didepan stasiun.

Manfaat kedua, tukang ojeg juga gak ngetem didepan stasiun karena seringkali menutup jalan penumpang yang baru keluar dari krl. Aku sering jalan susah karena tertutup oleh deretan motor bang ojek.

Manfaat ketiga adanya pembatas ini juga bisa memberikan akses kemudahan jalan penumpang dari krl karena seringkali tertutup pedagang kaki lima yang berjualan ditrotoar. Kini dengan ada pembatas jalan, pedagang kaki lima pun tidak berjualan disitu.

Intinya adanya pembatas di pintu keluar stasiun krl tanah abang adalah untuk ketertiban jalan agar tidak semrawut sekaligus kedisiplinan para pengguna jalan dan pedagang kaki lima serta jasa ojek dan angkot yang lebih tertata.

Sip aku dukung ada pembatas distasiun krl tanah abang. Jalan lancar, pengguna jalan aman, jasa ojek dan angkot tertib. Kan semuanya enak…

Walaupun pedagang kaki limapun masih ada yang berjualan tepat dijalannya yang sebelumnya ditrotoar. Foto dibawah menunjukan pedagang kaki lima yang berjualan disitu sebelumnya tempat para bang ojek ngumpul. Karena penumpang berhamburan ke kanan atau kiri, jadilah bang ojegpun pindah.

pembatas jalan di stasiun krl tanah abang

pembatas jalan di stasiun krl tanah abang

 

Senyum manis Tamara Blezinky

Gara-gara baca blognya pakde cholik, jadi pengen ikutan lomba blognya mba Prima Hapsari. Temanya My First Love euy. Waduh ngomong-ngomong masalah cinta pertama, aku ingin bercerita pas SMP aja ah. Soalnya klo SD paling ledek-ledekan doang (ha…2).

oki setiana dewi

oki setiana dewi – google

Pas SMP juga sebenarnya belum ngerti banget sih ma makhluk yang namanya cewe. Tapi kalau untuk menilai tuh cewe kece atau cakep banget, aku uda bisa ngasih skorlah (ha..2).

Continue reading ‘Senyum manis Tamara Blezinky’

Apakah budi gunawan dilantik jadi kapolri?

Kira-kira jokowi berani ngelantik budi gunawan jadi kapolri gak yah? Soalnya tim 9 berpesan salah satu hasilnya rumusannya agar jangan melantik bg. Katanya lebih baik cari pengganti lainya.

Satu catatan penting bagiku klo sampai jokowi melantik budi gunawan. Dimana komitmen janjinya yang akan membrantas korupsi klo calon kapolrinya saja tersangka kpk? Saya yakin bukan hanya aku yang merasa kecewa tapi rakyat dan tim 9 tersebut juga pasti juga merasakannya. Lagipula kalau nantinya jadi melantik, aku pikir percuma dibentuk tim 9. Jangan sampai tim 9 ini hanya formalitas doang.

Ngomong- ngomong tim 9, aku hanya tahu tiga nama kaya pak imam prasodjo, jimly  asshiddiqie ma syafi’i ma’arif. Tigaa nama itu tidak diragukan lagi kapasitasnya.

Dalam waktu dekat katanya sekertaris kabinet, andi widjajanto akan mengumumkan apakah budi gunawan jadi dilantik atau tidak. Aku hanya bisa berdo’a kepada Allah,SWT semoga negeriku ini dikasih kapolri yang terbaik. Amin

Buang sampah sembarangan ditanah orang disumpahin mati

Dikampung, almarhum neneku punya tanah kosong yang banyak ditumbuhi bambu. Oleh warga sekitar, tanah almarhum neneku itu dijadiin pembuangan sampah. Bayangin, cuma bisa mengelus dada kalau liat itu tumpukan sampah. Mau dibilangin, itu tetangga semua. Dibiarin, itu tetangga pada terus menerus buang sampah  disitu tiap hari. Simalakama!!!

Beruntung itu tanah almarhum neneku dikampung. Kalau disini tangsel buang sampah sambarangan di tanah orang itu disumpahin mati. Biasanya paling ada tulisan kata-kata umpatan binatang. Misalnya “yang buang sampah disini berarti monyet atau anjing”. Kali ini aku temuin lain dari biasanya. Malah sampai-sampai bikin spanduk segala.

Mungkin karena uda cape ma orang yang buang sampah sembarangan, akirnya sampai dipasang spanduk. Isinya: “Ya Allah cabutlah nyawa orang yang membuang sampah diwilayah ini”. Fotonya liat dibawah ya. Aku ambil di deket stasiun sudimara.

Emang sih kliatannya ekstrim banget. Do’ain itu biasanya yang baik-baik. Kalau menurut aku, gimana klo isi spanduknya diganti:”Semoga yang buang sampah disini dberikan hidayah kebaikan”.

buang sampah sembarangan disumpahin mati

buang sampah sembarangan disumpahin mati